Kenalan – Mei 2012: Muhammad Muflih Ihsan

Dilahirkan di Palu 20 Agustus 1992. Muhammad Muflih Ihsan yang dikenal dengan panggilan UPI, UCUP, UCUPI, CUPSKY atau ‘COY’ ini adalah seorang mahasiswa teknik jurusan mekatronik di Hochschule Karlsruhe. Terlepas dari kepindahannya mengejar masa depan ke HS Karlsruhe, Muflih masih setia menemani PPI Franken dalam berbagai kesempatan dan situasi.

Sedikit tentang Muflih, selain dikenal sebagai insan yang cendekiawan (aseekk), Muflih juga terkenal sebagai penggila olah raga, khususnya basket. Tim favorit Muflih adalah MIAMI Heat. Dalam beberapa kali kesempatan sportfest, semenjak kedatangannya, Muflih selalu membantu PPI Franken dalam keikutsertaannya, dan selalu berhasil mempengaruhi “Stimmung” bermain, menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Muflih Mengawali perjalanannya di Jerman pada akhir 2010.Pada kedatangannya yang perdana, Muflih sampai di Nürnberg untuk memulai kursus bahasanya, layaknya calon mahasiswa lainnya. Berkat usaha dan kerja kerasnya, pada awal 2011 ia diterima masukke studienkolleg Coburg, di mana ia menghabiskan  dua semester untuk pada akhirnya berhasil menyabet gelar LULUSAN TERBAIK STUDIENKOLLEG COBURG untuk jurusan teknik. Ketika ditanya, apa sih rahasianya sampai bisa menjadi lulusan terbaik, Upi mengatakan dengan rendah hati: “90% luck, 10% usaha”. Untuk semakin mendekatkan Upi di hati kita, berikut sedikit potongan ngobrol-ngobrol PPI Franken dengan Upi:

Apa perbedaan kuliah dengan studienkolleg?

Wah, jauh berbeda banget. Materinya itu jauh lebih banyak dibanding di Studienkolleg, belum lagi kompleks. Yang penting belajar harus teratur, tidak ada kata SKS. immer am Ball bleiben!

Apa yang kamu lakukan di waktu luang?

Yang pasti sih basket dan semua yang berhubungan dengan basket, dari mulai main basket, game sampai nonton video-video basket.

Memangnya, dengan ketertarikan kamu yang besar di dunia olah raga dan kuliah yang gak ringan, masih bisa seimbangkah school-life balance?

Jaa, klar! Hidup tuh, gimana yah…. hmm.. Basket itu selain membuat gw senang, basket juga merupakan motivasi buat gw. Hidup kan harus penuh dengan motivasi, kalo buat gw, basket itu motivasi, otomatis, gw jadi inspirated untuk belajar juga. Contoh ya, Shaquille O’neal.. Basket jadi motivasi buat dia untuk tetep sekolah tinggi sampai jadi PhD. Kalau dia bisa, kenapa gwe gak? hehehe.

Apa rasanya jauh dari rumah?

Naja.. Gwe sejak lulus SD sudah merantau. Jadi di Jerman buat gwe gak jauh beda sama waktu gwe masuk asrama selama sekolah dasar sampai menengah. Yang beda mungkin hanya kultur aja, tapi pasti kita bisa beradaptasi.

Pertanyaan, terkahir nih.. Ada kiat-kiat atau tips gak, buat temen-temen di Studkol yang lagi menyiapkan diri untuk masuk ke Uni/FH?

1. Belajar, wajib! ga usah banyak-banyak, yang penting konsisten!

2. Jangan terlalu terbebani dengan kesulitan di Studienkolleg (sekolah).. All iz Well!

3. Luangkan diri untuk have fun. Study hard, play hard!

Kalo berdoa?

Yah otomatis lah! Belajar pun udah masuk ibadah. Do the best, let God do the rest!

Oke Muflih, makasih buat waktunya, semoga jadi motivasi dan inspirasi buat temen-temen PPI Franken.

Oke coy, sama-sama!
***

Guys, demikian ngobrol-ngobrol singkat kita dengan Muhammad Muflih Ihsan, alias  Upi, Ucup, Cupsky, Coy. Semoga dengan perkenalan ini, Muflih bisa semakin dekat di hati kita (aseeekkk!). Sampai ketemu di KENALAN berikutnya. Stay tune!

Salam PPI Franken

Advertisements

1 thought on “Kenalan – Mei 2012: Muhammad Muflih Ihsan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s